RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
SatuanPendidikan : SDN Kendayakan
B.
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
C.
Kelas/Semester : IV / I
D.
MateriPokok : MeneladaniPerilakuNabi Muhammad SAW
E.
PertemuanKe- : 1 (Satu)
F.
AlokasiWaktu : 1 X 35 (Menit)
G.
KompetensiDasardanIndikator :
|
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
3.15
|
MengetahuiSifatSantundanMenghargaiSesamadariNabiMuhammmad SAW
|
1.
Siswamampumenyebutkancontoh-contohperilakuNabi Muhammad SAW
2.
Siswadapatmengetahuipengertiansifatsantun, jujur, danakhlakmulia
3.
Siswamampumeneladanisifatsantun, jujur, danakhlakmulia
4.
Siswamampumenerapkanperilakusantunterhadapsesama
|
H. TujuanPembelajaran : SetelahsiswamengikutikegiatanpembelajarandanpenjelasanmateritentangperilakusifatsantunNabi
Muhammad SAWdenganmenggunakanmetodediskusi,tanyajawabdanpenugasan,siswadiharapkandapat
:
b. Menyebutkancontoh-contohperilakuNabi
Muhammad SAW
c. Menanamkansifatsantun,jujur,
danakhlakmuliapadadirisendiri.
d. Menerapkanperilakusifatsantun,jujur,
danakhlakmuliaterhadapsesamadalamkehidupansehari-hari.
I.
MateriPembelajaran : PerilakuNabi Muhammad SAW, Moh. Fauzi, A.G, Hal : 28
UraianMateri :
1. Konsep : PerilakusantunNabi Muhammad SAW
2. Fakta : Santun,Jujur, danBerakhlakMulia
3.
Dalil : (QS Al-Ahzab : 21)
ôs)©9tb%x.öNä3s9ÎûÉAqßu«!$#îouqóé&×puZ|¡ym`yJÏj9tb%x.(#qã_öt©!$#tPöquø9$#urtÅzFy$#tx.sur©!$##ZÏVx.
Artinya : “SesungguhnyaTelahadapada (diri)
Rasulullahitusuriteladan yang baikbagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap
(rahmat) Allah dan (kedatangan) harikiamatdandiabanyakmenyebut Allah”
4.
Prosedur : Cara Menerapkansifatdapatdipercaya, jujur,
ramahdanakhlakmuliadalamkehidupansehari-hari
5.
Dampak/Hikmah : PentingnyameneladanisifatNabi Muhammad SAW sepertidapatdipercaya,
jujur, ramah, berakhlakmuliasehinggamampuditerapkandalamkehidupansehari-hari
J.
PendekatandanMetodePembelajaran
-
Diskusi
-
Tanya Jawabdan
-
Penugasan
K.
KegiatanPembelajaran
|
TAHAPAN PEMBELAJARAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN GURU DAN SISWA
|
ALOKASI WAKTU
|
|
Pendahuluan
|
1. Orientasi
-
Mengkondisikankelas, membacado’a, memeriksakehadiransiswa
-
Mengabsensiswa
-
Menjelaskanpokokbahasanpelajaran yang akandipelajari.
2. Apersepsi
-
Bertanyapadasiswaakibatperilakutidaksopansantun
-
Mengapasifattidaksopandilarang
3. Motivasi
-
MemberikangambaranmanfaatperilakuNabi Muhammad SAW
4. Tujuan
-
Menjelaskantujuan yang harusdicapaisiswadaripembelajaran.
|
5
|
|
KegiatanInti
|
1. Mengamati
-
MendengarkanceritatentangNabi Muhammad SAW
-
MencermatiperilakuNabi Muhammad SAW dalamkehidupansehari-hari
2. Menanya
-
Memotivasisiswabertanya, misalnya, mengapakitaharusberperilakusantun
?
3. Mencoba
-
MendiskusikantentangkisahperilakuNabi Muhammad SAW
4. Menalar
-
MenganalisiskisahperilakusopansantunNabi Muhammad SAW
dalamkehidupansehari-hari
5. Komunikasi
-
MenyampaikandiskusitentangperilakuNabi Muhammad SAW
-
Menanggapihasildiskusi
-
Membuat resume
|
20
|
|
Penutup
|
1. Kesimpulan
-
Siswamembuatkesimpulandenganbertanyajawab
2. Refleksi
-
MengadakantesFormatif
3. UmpanBalik
-
Menyampaikanumpanbalik proses belajar yang telahdilaksanakan
4. Tindaklanjut
-
MemberikantugasPekerjaanRumah (PR)
-
|
5
|
L.
Media danAlatPembelajaran : - Komputer
-
LCD Projector
-
(TayanganPoto/Gambar)
M.
SumberBelajar : - BukuTeksKisahNabi
Muhammad SAW
- GambarPerilakuSopanSantun, Buku PAI, Moh.
FAuzi A.G. Hal : 28
N.
PenilaianPembelajaran :
-
Tekhnik : TesTertulis
-
Bentuk : Uraian
-
Intrumen :
|
No
|
IndikatorPencapaian Target
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Intrumen
|
Soal
|
|
1.
|
Siswamampumenyebutkancontoh-contohperilakuNabi
Muhammad SAW
|
Tes
|
Uraian
|
1.
SebutkanbeberapacontohperilakuterpujiNabi Muhammad SAW yang
kamuketahui !
|
|
2.
|
Siswadapatmengetahuipengertiansifatsantun, jujur, danakhlakmulia
|
Tes
|
Uraian
|
2.
Apapengertiandarisifatsantun ?
3.
Berikancontohsifatjujurdalamkehadipansehari-hari !
|
|
3.
|
Siswamampumeneladanisifatsantun, jujur, danakhlakmulia
|
Tes
|
Uraian
|
4.
Berikancontohmeneladanisifatakhlakmulia!
|
|
4.
|
Siswamampumenerapkanperilakusantunterhadapsesama
|
Tes
|
Uraian
|
5.
Sebutkancontohperilakusantundalamkehidupansehari-hari !
|
Penskoran :
Setiapsatujawaban yang benarnilainya
2
|
SkorAkhir
|
JumlahJawabanBenar
|
X 100
|
|
10
|
|
Mengetahui,
Kepala SDN
Kendayakan
Hj. HOLIS,
S.Pd, MM
Nip.
196501051988112002
|
|
Serang, 31Nopember
2013
Guru PAI
MOH. MUGNI,
S.Pd.I
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar