Selasa, 11 November 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN K13





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


A.     SatuanPendidikan                            :  SDN Kendayakan
B.     Mata Pelajaran                               :  Pendidikan Agama Islam
C.     Kelas/Semester                                :  IV / I
D.     MateriPokok                                    :  MeneladaniPerilakuNabi Muhammad SAW
E.     PertemuanKe-                                 :  1 (Satu)
F.      AlokasiWaktu                                  :  1 X 35 (Menit)
G.    KompetensiDasardanIndikator      :

NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.15
MengetahuiSifatSantundanMenghargaiSesamadariNabiMuhammmad SAW
1.      Siswamampumenyebutkancontoh-contohperilakuNabi Muhammad SAW
2.      Siswadapatmengetahuipengertiansifatsantun, jujur, danakhlakmulia
3.      Siswamampumeneladanisifatsantun, jujur, danakhlakmulia
4.      Siswamampumenerapkanperilakusantunterhadapsesama

H.    TujuanPembelajaran  : SetelahsiswamengikutikegiatanpembelajarandanpenjelasanmateritentangperilakusifatsantunNabi Muhammad SAWdenganmenggunakanmetodediskusi,tanyajawabdanpenugasan,siswadiharapkandapat :
a.       MengetahuisifatperilakuketeladananNabi Muhammad SAW
b.      Menyebutkancontoh-contohperilakuNabi Muhammad SAW
c.       Menanamkansifatsantun,jujur, danakhlakmuliapadadirisendiri.
d.      Menerapkanperilakusifatsantun,jujur, danakhlakmuliaterhadapsesamadalamkehidupansehari-hari.

I.       MateriPembelajaran  :  PerilakuNabi Muhammad SAW, Moh. Fauzi, A.G, Hal : 28
      UraianMateri                : 
1.      Konsep                  :  PerilakusantunNabi Muhammad SAW
2.      Fakta                      :  Santun,Jujur, danBerakhlakMulia
3.       Dalil                       :  (QS Al-Ahzab : 21)

ôs)©9tb%x.öNä3s9ÎûÉAqßu«!$#îouqóé&×puZ|¡ym`yJÏj9tb%x.(#qã_ötƒ©!$#tPöquø9$#urtÅzFy$#tx.sŒur©!$##ZŽÏVx.
Artinya :          “SesungguhnyaTelahadapada (diri) Rasulullahitusuriteladan yang baikbagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) harikiamatdandiabanyakmenyebut Allah

4.      Prosedur                :  Cara Menerapkansifatdapatdipercaya, jujur, ramahdanakhlakmuliadalamkehidupansehari-hari
5.      Dampak/Hikmah   :  PentingnyameneladanisifatNabi Muhammad SAW sepertidapatdipercaya, jujur, ramah, berakhlakmuliasehinggamampuditerapkandalamkehidupansehari-hari

J.      PendekatandanMetodePembelajaran
-          Diskusi
-          Tanya Jawabdan
-          Penugasan


K.    KegiatanPembelajaran

TAHAPAN PEMBELAJARAN
DESKRIPSI KEGIATAN GURU DAN SISWA
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.      Orientasi
-          Mengkondisikankelas, membacado’a, memeriksakehadiransiswa
-          Mengabsensiswa
-          Menjelaskanpokokbahasanpelajaran yang akandipelajari.
2.      Apersepsi
-          Bertanyapadasiswaakibatperilakutidaksopansantun
-          Mengapasifattidaksopandilarang
3.      Motivasi
-          MemberikangambaranmanfaatperilakuNabi Muhammad SAW
4.      Tujuan
-          Menjelaskantujuan yang harusdicapaisiswadaripembelajaran.


5
KegiatanInti
1.      Mengamati
-          MendengarkanceritatentangNabi Muhammad SAW
-          MencermatiperilakuNabi Muhammad SAW dalamkehidupansehari-hari
2.      Menanya
-          Memotivasisiswabertanya, misalnya, mengapakitaharusberperilakusantun ?
3.      Mencoba
-          MendiskusikantentangkisahperilakuNabi Muhammad SAW
4.      Menalar
-          MenganalisiskisahperilakusopansantunNabi Muhammad SAW dalamkehidupansehari-hari
5.      Komunikasi
-          MenyampaikandiskusitentangperilakuNabi Muhammad SAW
-          Menanggapihasildiskusi
-          Membuat resume

20
Penutup
1.      Kesimpulan
-          Siswamembuatkesimpulandenganbertanyajawab
2.      Refleksi
-          MengadakantesFormatif
3.      UmpanBalik
-          Menyampaikanumpanbalik proses belajar yang telahdilaksanakan
4.      Tindaklanjut
-          MemberikantugasPekerjaanRumah (PR)
-           

5

L.     Media danAlatPembelajaran    :  -     Komputer
-          LCD Projector
-          (TayanganPoto/Gambar)

M.   SumberBelajar                          :  -     BukuTeksKisahNabi Muhammad SAW
                                                      -     GambarPerilakuSopanSantun, Buku PAI, Moh. FAuzi A.G. Hal : 28

N.     PenilaianPembelajaran             : 
-          Tekhnik                                :  TesTertulis
-          Bentuk                                  :  Uraian
-          Intrumen                               : 

No
IndikatorPencapaian Target
Teknik
Penilaian
Bentuk
Intrumen
Soal
1.
Siswamampumenyebutkancontoh-contohperilakuNabi Muhammad SAW

Tes
Uraian
1.   SebutkanbeberapacontohperilakuterpujiNabi Muhammad SAW yang kamuketahui !
2.
Siswadapatmengetahuipengertiansifatsantun, jujur, danakhlakmulia
Tes
Uraian
2.   Apapengertiandarisifatsantun ?
3.   Berikancontohsifatjujurdalamkehadipansehari-hari !

3.
Siswamampumeneladanisifatsantun, jujur, danakhlakmulia
Tes
Uraian
4.   Berikancontohmeneladanisifatakhlakmulia!

4.
Siswamampumenerapkanperilakusantunterhadapsesama
Tes
Uraian
5.   Sebutkancontohperilakusantundalamkehidupansehari-hari !


Penskoran :
Setiapsatujawaban yang benarnilainya 2

SkorAkhir
JumlahJawabanBenar
X 100
10









Mengetahui,
Kepala SDN Kendayakan




Hj. HOLIS, S.Pd, MM
Nip. 196501051988112002

Serang, 31Nopember 2013
Guru PAI




MOH. MUGNI, S.Pd.I



Tidak ada komentar:

Posting Komentar